FORUM GURU INDONESIA

PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA


    peningkatan mutu sekolah

    Share

    con_edu

    Jumlah posting : 2
    Join date : 20.04.11

    peningkatan mutu sekolah

    Post  con_edu on Wed Apr 20, 2011 2:07 pm

    Mutu Sekolah sekarang ini hanya dilihat dari lulusannya. sekolah yang baik dilihat dari jumlah kelulusan dan nilai lulusnya. Tetapi seberapa jauh siswa memahami materi yang diajarkan disekolah terkadang tidak terlalu dipikirkan, yang penting bisa mengerjakan ujian dan bisa lulus.
    Salah satu model ujian/tes adalah berbentuk multiple choise, dengan metode soal yang demikian sesungguhnya dapat diambil data yang lebih objektif untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan. hanya diperlukan pekerjaan lebih untuk dapat mengetahui hal tersebut. diantaranya adalah dengan membuat analisa butir soal yang tepat.
    Guru terkadang kesulitan untuk melakukan hal tersebut, karenanya sekarang sudah banyak beredar program scanner LJK yang disertai analisanya. tetapi hal itu kurang begitu efektif, dikarenakan harga program cukup mahal (bisa jutaan), belum ditambah peralatan scannernya, selain itu apabila sekolah sudah memiliki program dan alat tersebut sering tidak dapat memanfaatkannya secara maksimal. Hal tersebut terjadi dapat dikarenakan untuk menggunakan program dan alat tidak semua guru mendapatkan pelatihan, hasil yang dicetak hanya nilai akhir saja sedangkan analisa butir soal sering diabaikan. dari beberapa data kami 4(empat) dari 5(lima) sekolah yang memiliki program dan alat tersebut, tidak mengalami peningkatan hasil secara signifikan.
    Karena itu diperlukan satu aplikasi yang sangat mudah, murah dan tidak menyulitkan guru, tetapi hasil yang diperoleh bisa maksimal. Kami memiliki aplikasi yang sangat mudah dan murah, untuk dapat dijalankan oleh guru meskipun baru mengenal komputer, hasil yang diperoleh meliputi nilai, analisa butir soal secara prosentase, analisa butir soal dengan metode tingkat kesukaran dan daya pembeda, serta analisa secara klasikal, juga dapat mengetahui siswa mana yang harus remidi, dan grafik.
    Dengan adanya analisa tersebut, guru dapat dengan mudah mengetahui materi mana yang tidak dikuasai oleh sebagian besar siswa, sehingga untuk pengayaan materi bisa lebih terarah.
    Bila ada rekan guru yang berminat bisa menghubungi kami ddi email. consultan_education@ymail.com[i]
    Smile

      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 11:46 am